Biaya · Tak Berkategori

Final : Biaya Visa Umroh & Haji Naik, Mulai Oktober 2016.

Jauh sebelumnya yang banyak kita ketahui bahwa pada sekitar Agustus 2016 yang lalu Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah mengumumkan akan adanya kenaikan biaya visa untuk memasuki negara tersebut. Ternyata benar adanya, peraturan itu sudah diberlakukan efektifnya terhitung mulai tanggal 1 Muharram 1438 H atau bertepatan pada 2 Oktober 2016 Masehi.

[Baca Tambahan Biaya Visa Arab Saudi Tahun 1438H]

Perihal kebijakan biaya tambahan visa tersebut diatas, asosiasi haji dan umroh di Indonesia telah memberikan pernyataan bahwa peraturan tersebut benar dan dinyatakan sudah berjalan. Asosiasi tersebut diantaranya  AMPHURI, HIMPUH, Asphurindo dan KESTHURI.

Defisit anggaran pemerintah akibat dari penurunan harga minyak dunia yang mencapai level terendah sekitar $20/barel pada bulan Januari 2016 lalu, menjadi salah satu alasan dari pemerintah KSA (Kingdom of Saudi Arabia) mengeluarkan kebijakan tarif baru dari biaya entri visa untuk kujungan ke negaranya.

Menyusul dampak dari menurunnya harga minyak dunia hingga level terendah USD 20 pada Januari 2016, yang berimbas pada defisit anggaran pemerintah, maka Dewan Menteri Saudi yang dipimpin oleh Putra Mahkota Pangeran Muhammad Bin Naif, mengeluarkan kebijakan baru kenaikan struktur biaya visa kunjungan ke Arab Saudi.

Melalui Dewan Menteri yang dipimpin oleh Mahkota Pangeran Muhammad bin Naif mereka mengambil keputusan untuk menaikan biaya visa umroh dan haji sebesar 2000SR (Riyal Saudi) atau ±Rp.7 juta. Namun keputusan tersebut berlaku bagi jamaah haji ataupun umroh yang repaet (berulang) dihitung 3 tahun kebelakang. Artinya untuk jamaah yang pertama kali melaksanakan ibadah haji/umroh tidak dikenakan (gratis) dan ditanggung oleh pemerintah Arab Saudi.

Menanggapi kebijikan kenaikan biaya visa umroh ini, tentunya kita harus menerima dan menghargai hal tersebut. Karena tiap-tiap negara mempunyai perhitungan tersendiri untuk kelangsungan perekonomiannya, tak terkecuali dengan Arab Saudi sendiri.

Biaya Visa Umroh Haji Naik
Pengumuman Kenaikan Biaya Visa di Arab Sauid

Berikut lengkap ketentuan dari beberapa kebijakan kenaikan biaya visa umroh dan haji tahun 1438 H :

  1. Visa Haji : Gratis untuk Haji pertama kali (bagi yang belum pernah). Untuk haji berikutnya dikenakan 1 (satu) kali biaya visa masuk SR2.000 / ± Rp. 7 Juta-an.
  1. Visa Umroh : Gratis untuk Umroh pertama kali (bagi yang belum pernah). Untuk umroh berikutnya dikenakan 1 (satu) kali biaya visa masuk SR2.000  / ± Rp. 7 Juta-an.
  1. Multiple Visa
    • Visa 6 (enam) bulan : SR3.000
    • Visa 1 (satu) tahun : SR5.000
    • Visa 2 (dua) tahun : SR8.000
  1. Visa Transit : SR300
  1. Visa Keberangkatan (Departure) Keberangkatan sebesar SR50 bagi mereka meninggalkan Kerajaan Arab Saudi melalui pelabuhan laut.
  1. Visa re-Entry
    • SR200 untuk perjalanan tunggal, berlaku 2 bulan dan SR100 untuk setiap bulan tambahan, selama dalam batas izin tinggal.
    • SR500 untuk beberapa perjalanan berlaku 3 bulan dan SR200 untuk setiap bulan tambahan selama dalam batas izin tinggal.

Dari 6 (enam) point kebijakan diatas, Point No. 1 & 2 adalah yang menjadi pokok perhatian penting bagi kita calon jamaah baik haji maupun umroh. Sedangkan untuk point lainnya (3,4,5 & 6) ketentuan untuk keperluan selain dari ibadah umroh/haji.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s