Biaya · Tak Berkategori

Tambahan Biaya Visa Arab Saudi Tahun 1438H

Negara dengan 2 kota sucinya memberikan kabar yang kurang menggembirakan. Arab Saudi memberlakukan visa masuk ke negaranya sebesar 2.000 real atau setara Rp. 6,9 juta. Namun itu hanya berlaku bagi jamaah yang datang untuk kedua kali atau lebih. Untuk jamaah yang pertama kali melaksanakan haji ataupun umroh tidak dikenakan biaya tarif tersebut.

Sebenarnya wacana kenaikan/tambahan biaya visa tersebut diatas telah diumumkan sebelumnya oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Kebijakan biaya terbaru tersebut berlaku pada tahun baru 1438 H. Hal ini menimbulkan dampak tersendiri bagi umat Islam di Indonesia yang ingin mengunjungi kota suci untuk yang kedua kalinya pada tahun ini, mereka harus mempersiapkan biaya/cost yang lebih dari sebelumnya.

Hal ini memberatkan dengan adanya tambahan biaya visa sebesar 2000 real tersebut. Dampaknya akan berpengaruh dengan pelayanan yang akan didapatkan. Bisa jadi pihak penyelenggara umroh akan menghitung ulang biaya paket umroh tahun 2017 kali ini.

Peraturan ini tentu memberatkan pihak travel, dikarenakan biaya tambahan tersebut dibebankan kepada jamaah, terutama bagi jamaah yang sering (beberapa) kali pergi untuk melaksanakan umroh.

Keberatan ini telah disampaikan oleh Instansi penyelenggara umroh seperti HIMPUH dan KESUTHRI. Mereka mewakili travel umroh di Indonesia menyatakan keberatan dengan kebijakan tersebut. Koordinasi terus dilakukan oleh mereka dengan Pemerintah Arab Saudi.

Ibadah umroh menjadi ibadah paling banyak diminiati masyarakat di Indonesia. Diperkirakan untuk tahun 2016 ini saja jumlah jamaah mencapai 1,5 juta. Dan tiap tahunnya terus meningkat. Peningkatan ini tidak lepas dari faktor lamanya daftar tunggu Haji di Indonesia yang bisa memakan waktu yang lama, maka umroh menjadi pilihan.

Tentunya akan berpengaruh besar dengan kebijakan tambahan biaya visa yang keluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi tersebut. Bisa jadi jumlah jamaah umroh 2017 akan mengalami penurunan. Disebabkan mereka harus menambah biaya umroh lebih besar lagi.

Terkait aturan baru tersebut, kita berharap ada titik temu yang tidak merugikan salah satu pihak. Baik dari Pemerintah Arab Saudi sendiri maupun para jamaah kita di Indonesia.

Tentu harapan tersebut sebaiknya dilakukan dan disampaikan oleh lembaga yang berwenang, dalam hal ini Kementerian Agama RI untuk segera melakukan lobi dan koordinasi dengan pemerintah Arab Saudi, agar jamaah kita tidak menurun dari segi kuantitas dan juga tidak dirugikan dalam segi materi.

Lihat Informasi : Biaya Umroh 2017

Sangat disayangkan apabilah niat suci untuk beribadah dijadikan sebagai lahan bisnis semata, tanpa memeperhatikan hal lainnya. Jika hal ini terjadi, tentunya penurunan jumlah jamaah ke tanah suci asal Indonesia khususnya. Dan inipun berdampak dengan pendapatan yang dialami oleh Arab Saudi  sendiri, karena Indonesia merupakan salah satu penyumbang visa terbesar di Negara tersebut.

Iklan

One thought on “Tambahan Biaya Visa Arab Saudi Tahun 1438H

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s