Tak Berkategori · Travel

3 Hal Mendukung Kenyamaan Ibadah Umroh/Haji Anda!!

Mayoritas masyarakat di Tanah Air tercinta Indonesia adalah beragama Islam,  hal ini yang membuat setiap tahunnya jutaan masyarakat berbondong-bondong berlomba untuk bisa menunaikan ibadah haji atau umroh ke tanah suci Mekkah.

Namun, sejak tahun 2013 pemerintah kerajaan Arab Saudi telah mengurangi kuota Haji Indonesia sebanyak 20% dari total biasanya dan begitupun juga dengan Negara-negara muslim lainnya. Hal ini bukan tanpa sebab, Tanah Muci-Mekkah sedang membutuhkan ruang yang lebih untuk melakukan renovasi (perbaikan dan perluasan) demi kenyamanan serta keselamatan jamaahnya.

Hal inilah yang menjadi salah satu faktor daftar tunggu untuk keberangkatan haji pun semakin panjang. Tidak heran jika masyarakat memilih alternatife lain untuk segera berkunjung ke kota suci, salah satunya adalah program umroh, yang menjadi pilihan.

Program umroh ini merupakan solusi bagi masyarakat kita yang tidak terlalu sabar mengikuti daftar tunggu Haji yang berkepanjangan. Dan hal ini sah-sah saja. Karena ibadah umroh sifatnya sunnah dan bisa dilakukan kapan saja (tidak terikat waktu).

Pada tahun 2014 saja, jamaah umroh asal Indonesia mencapai angkat 1,2 juta orang. Sedangkan pada baru semester awal tahun 2015 jumlah jamaah umroh berangkat perhari 196 orang. (Sumber : http://haji.kemenag.go.id). Artinya tingkat animo/minat masyarakat terus dan terus meningkat.

Melihat data dan informasi kenyataan tersebut diatas, ini merupakan sebuah peluang bisnis bagi para pelaku jasa travel umroh/haji. Mereka berlomba-lomba memberikan penawaran dan pelayanan yang maksimal untuk keberangkatan para jamaahnya.

Namun disini lebih menekankan kita sebagai calon pengguna jasa travel tersebut untuk lebih selektif dalam memilih agen travel yang akan kita gunakan.

Untuk itu sebelum kita memutuskan untuk jadwal keberangkatan, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk mendukung kenyamaan ibadah umroh/haji Anda, sebagai berikut :

  1. Fasilitas dan Pelayanan

Melaksanakan ibadah umroh atau haji berarti kita telah mampu. Baik dalam segi keuangan maupun yang lainnya. Terutama uang/dana bukanlah suatu masalah lagi ketika kita memutuskan untuk berziarah ke tanah suci. Jadi, jangan tergiur dengan godaan yang memberikan penawaran harga umroh atau haji murah namun tidak rasional.

Yang perlu kita cermati adalah fasilitas dan pelayanan dari travel tersebut. Hal ini penting, karena perjalanan umroh/haji memakan waktu yang tidak sedikit. Oleh karena itu, keselamatan dan kenyamanan adalah prioritas dalam memilih travel. Dengan fasilitas yang memberikan keselamatan serta pelayanan yang baik tentulah kegiatan ibadah kita selama di tanah suci akan semakin khusyuk.

  1. Legalitas Perusahaan Penyedia Jasa

Legalitas status perusahaan penyedia jasa travel umroh/haji merupakan salah hal penting yang harus kita perhatikan juga, mengingat setiap tahun masih saja terus terjadi penipuan-penipuan yang dilakukan oleh pihak travel yang tidak bertanggungjawab dengan berbagai macam cara yang mereka lakukan demi keuntungannya. Tentu hal ini jangan sampai terjadi pada diri kita!

Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya kita cek terlebih dahulu legalistas dari travel yang akan kita pilih. Travel yang resmi pasti mereka lebih transparan terhadap jamaahnya. Karena hal ini menyangkut tingkat kepercayaan masyrakat dan reputasi dari brand mereka sendiri.

Untuk mengetahui apakah travel tersebut resmi atau tidak, dengan mudah bisa kita ketahui. Misalnya datang/telepon langsung ke Dirjen PHU di Kemenag RI atau bisa juga secara online (internet). { Cara cek izin resmi travel }

  1. Armada Transportasi

Armada transportasi ini berhubungan dengan segala kegiatan sejak jamaah haji atau umroh diberangkatkan dari Tanah Air Indonesia hingga mereka kembali lagi ke Indonesia.

Biasanya pihak travel memberikan paket-paket tersendiri dalam hal armada ini. Tentunya kelas standar tidak akan mungkin sama dengan kelas VIP. Artinya kita selaku jamaah silahkan memilih sesuai kebutuhan dan keinginannya sendiri.

Armada transportasi ini menyangkut juga masalah keamanan serta kenyamanan. Jamaah bisa memilih sendiri maskapai penerbangan apa yang akan mereka gunakan tentunya dengan paket umroh atau haji yang sudah disiapkan oleh travel .

Kita selaku calon jamaah bisa menilai bagaimana transportasi (armada) yang digunakan oleh calon travel yang akan kita gunakan. Apakah sesuai dengan kebutuhan kita? Kembali keputusan kita sendiri yang menentukan.

Itu beberapa hal yang menjadi faktor utama mendukung kenyamanan ibadah umroh/haji mulai dari pra-keberangkatan hinggga kembali lagi ke tanah air tercinta.

Namun terlepas dari 3 hal tersebut diatas, masih banyak hal-hal lain yang bisa menunjang kelangsungan kegiatan kita disana misalnya Hotel, Pembimbing Ibadah, Tour Leader dan sebagainya. Akan tetapi akan kita bahas dengan tulisan berikutnya nanti.

Akhirnya, demikianlah ulasan singkat ini. Semoga bermanfaat buat kita semua. Mari menuju Baitullah dengan kenyamanan dan keselamatan diri !!

 

 

Tinggalkan komentar