Tak Berkategori

Tips supaya tidak jadi korban Travel Haji/Umroh “Nakal” versi Mabes Polri

Semenjak mencuatnya kasus korban penipuan travel haji berasal dari Indonesia yang akan diberangkatkan melalui negara tetangga (Filipina). Media terus gencar memberitakan hal ini. Mulai dari media elektronik, media masa dan media online.

Setelah kasus ini sampai ke Mabes Polri, mereka memberikan tip supaya tidak tertipu dng Travel Haji Umroh yang “nakal” Ini. Sebelum kita melihat tips tersebut, mari kita kembalikan dulu, kenapa jamaah ini bisa tertipu?

Indonesia merupakan 87% (kurang lebih) mayoritas masyarakatnya Islam. Dalam rukun islam yang ke lima, mewajibkan umatnya untuk beribadah Haji (bagi yang.mampu). Seiring perkembangan zaman dan perkembangan ekonomi yang meningkat, peminat ibadah haji atau umroh ini sejak tahun 2004 hingga saat ini mengalami peningkatan yang sangat dratis.

Sehingga ini menjadi peluang bagi kejahatan dibidang travel penyelenggara haji/umroh yang “nakal” untuk memanfaatkan peluang pasar dari kalangan mayoritas ini. Dalam operasinya (travel nakal) menjanjikan kepada calon jamaah dengan biaya paket yang murah, membuat masyarakat dengan mudanya tergiur.

Kejahatan ini biasanya telah direncanakan secara terorganisir

Untuk menghindari hal ini terjadi kepada kita, baik dalam ibadah haji ataupun ibadah umroh. Berikut tips dari Mabes Polri :

  1. Sebelum menentukan pilihan travel umroh/haji yang digunakan, cek terlebih dahulu legalitasnya. Ini untuk menciptakan rasa nyaman dan percaya bagi kita calon jamaah
  2. Kritis tentang jadwal, paspor dan rute keberangkatan. Ini penting, jangan sampai kita berangkat ibadah dengan rute/tempat yang tidak lazim
  3. Berkontribusi terhadap sosialisasi tentang Haji dan Umroh yang dilakukan oleh pemerintah baik Pemerntah Daerah maupun pemerintah pusat dalam hal ini Kemenag RI selaku pemegang otoritas dibidang penyelenggara haji/umroh.

Itulah sedikit tips dari Mabes Polri untuk dijadikan bahan pertimbangan sebelum merencanakan ibadah suci (Haji atau Umroh) ke tanah suci.

Jauh sebelum tips diatas disampaikan oleh pihak Mabes Polri, sebenarnya dari pihak Kemenag RI melalui Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) telah mengeluarkan semboyan (tips) tersendiri, yang kita kenal dengan 5 Pasti (Pastikan Izin, Jadwal, Pesawat, Hotel, dan Visanya).

Tapi karena ulah segelintir travel “nakal” ini hal tersebut diatas bisa saja terjadi. Melalui tulisan ini, penulis juga mengajak untuk tetap kritis dari awal dalam memilih travel haji umroh yang akan digunakan.

Demikian semoga bermanfaat buat kita semunya. Terimakasih.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s